5 Makanan Yang Terbuat Dari Kedelai

12 Produk Olahan Kedelai yang Punya Nilai Gizi Tinggi

Kedelai merupakan makanan yang mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Kedelai dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang enak. Selain itu juga kedelai biasanya digunakan sebagai pengganti sumber protein hewani oleh para vegetarian. Ditambah lagi makanan yang terbuat dari kedelai dianggap lebih sehat. Berikut makanan yang terbuat dari kedelai adalah:

  1. Tahu

Tahu merupakan makanan yang terbuat dari bahan utamanya adalah kedelai. Tahu merupakan isolat protein dari kedelai yang dipisahkan menggunakan ion kalsium, asam dan juga bahan penggumpal lainnya.

Tahu merupakan hasil dari ekstrak kedelai. Tahu juga mengandung isoflavon tinggi dimana dapat menekan resiko terkena penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup dan usia. Pembuatan tahu juga melalui proses yang cukup sederhana dimana pertama kita membuat sari kedelai lalu digumpalkan dan dicetak oleh cetakan tahu.

Hal yang perlu diperhatikan adalah untuk membuat tahu tidak asam maka alat yang digunakan harus bersih dan higienis. Tahu dapat dimakan dengan cara digoreng biasa atau juga dapat dicampur dengan masakan lainnya.

  1. Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai. Tempe yang dibuat dengan cara kedelai yang sudah bersih difermentasikan sehingga menjadi makanan yang memiliki sumber ptotein nabati yang tinggi dan juga rasanya sangat lezat, tidak kalah dengan rasa daging.

Tempe juga saat ini sudah populer dikalangan vegetarian seluruh dunia. Tempe juga mengandung prebiotik dimana ini hasil dari fermentasi. Prebiotik merupakan suatu jenis serat yang sangat baik untuk pertumbuhan bakteri baik pada sistem pencernaan tubuh kita. Tempe biasanya dapat dimakan dengan cara digoreng biasa atau menjadi bahan tambahan atau pelengkap untuk masakan lainnya.

  1. Oncom

Oncom merupakan makanan khas indonesia juga sama halnya dengan tempe. Oncom biasanya akan banyak ditemukan di daerah Jawa Barat. Oncom juga memiliki dua jenis yakni oncom merah dan oncom hitam.

Perbedaan dari kedua jenis oncom ini terletak pada jenis jamur yang digunakan pada saat memfermentasikan kedelai. Oncom merah biasanya dibuat dari bungkil tahu , yakni kedelai yang telah diambil proteinnya pada saat pembuatan tahu, kemudian oncom hitam dibuat dari bungkil kacang tanah yang terkadang dicampur dengan ampas singkong atau tepung singkong.

Walaupun dibuat dari limbah tahu, kandungan ptotein nabati pada oncom tetap sangat tinggi. Oncom juga biasanya dimasak menjadi sambal, atau hanya sekedar digoreng, pengisi combro dan lontong.

  1. Tauco

Tauco merupakan makanan yang tidak asing bagi warga melayu. Tauco yang merupakan makanan olahan kedelai yang tealh direbus, dihaluskan kemudian diaduk dengan tepung terigu dan dibiarkan hingga terfermentasi.

Proses fermentasi tauco menggunakan rendaman air garam dan kemudian dijemur saat terik matahari selama beberapa minggu hingga keluar aroma yang sangat khas dan juga berubah warna menjadi cokelat kemerahan. Sama seperti oncom, tauco juga dapat menjadi campuran masakan seperti sambal dan tumisan.

  1. Miso

Miso merupakan makanan yang dibuat dari kedelai yang berasal dari negara Jepang. Miso merupakan pasta yang dibuat dari hasil fermentasi kedelai oleh jamur Aspergillus oryzae. Untuk membuat miso ini juga selain menggunakan kedelai ada beberapa bahan yang digunakan seperti beras, barley atau gandum. Miso dapat digunakan untuk campuran berbagai makanan seperti pembuatan sup, salad, saus pada yakitori dan juga masih banyak lagi.