Apa Itu Synthetix dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Synthetix adalah salah satu platform terdesentralisasi yang paling inovatif di dunia cryptocurrency. Dikenal sebagai protokol untuk mengeluarkan dan memperdagangkan aset sintetis di blockchain Ethereum, Synthetix memungkinkan pengguna untuk menciptakan dan memperdagangkan berbagai jenis aset yang mewakili nilai aset dunia nyata seperti emas, perak, dan mata uang fiat. Aset-aset ini disebut sebagai “Synths”. Dengan menggunakan Synthetix, pengguna dapat mengakses eksposur harga ke berbagai aset tanpa harus benar-benar memiliki aset tersebut.

Bagaimana Synthetix Bekerja?

Synthetix bekerja dengan cara menciptakan aset sintetis yang didukung oleh cryptocurrency yang dikunci sebagai jaminan. Proses ini melibatkan beberapa langkah kunci yang perlu dipahami oleh pengguna.

Pembuatan Synths

Untuk membuat Synths, pengguna harus terlebih dahulu mengunci sejumlah SNX (token asli Synthetix) sebagai jaminan di platform Synthetix. SNX ini kemudian digunakan untuk mencetak Synths yang sesuai dengan nilai yang dikunci. Contohnya, jika seorang pengguna mengunci SNX senilai $1000, mereka dapat mencetak Synths senilai $1000.

Perdagangan Synths

Setelah Synths dibuat, mereka dapat diperdagangkan di berbagai bursa terdesentralisasi (DEX) yang mendukung Synthetix. Pengguna dapat menukar satu jenis Synth dengan jenis Synth lainnya, misalnya menukar sUSD (Synth yang mewakili dolar AS) dengan sBTC (Synth yang mewakili Bitcoin). Perdagangan ini terjadi tanpa keterlibatan pihak ketiga, memastikan transparansi dan keamanan yang lebih tinggi.

Pemeliharaan Nilai Jaminan

Synthetix menggunakan model jaminan berlebih untuk memastikan stabilitas sistem. Artinya, jumlah SNX yang dikunci sebagai jaminan harus selalu melebihi nilai Synths yang dikeluarkan. Rasio jaminan ini biasanya ditetapkan pada 750%, artinya untuk setiap $1 Synth yang dikeluarkan, harus ada $7,5 SNX yang dikunci. Jika nilai jaminan turun di bawah rasio ini, pengguna harus menambahkan lebih banyak SNX untuk mempertahankan rasio jaminan.

Penyelesaian dan Pembakaran Synths

Ketika pengguna ingin menebus kembali SNX mereka, mereka harus membakar Synths yang sesuai dengan jumlah yang mereka buat. Misalnya, jika mereka mencetak 100 sUSD, mereka harus membakar 100 sUSD untuk mendapatkan kembali SNX yang mereka kunci. Proses ini memastikan bahwa total pasokan Synths tetap seimbang dengan nilai jaminan yang dikunci dalam sistem.

Keunggulan Synthetix

Synthetix menawarkan beberapa keunggulan yang membuatnya menonjol di antara platform DeFi lainnya. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Akses ke Berbagai Aset

Synthetix memungkinkan pengguna untuk mengakses eksposur harga ke berbagai aset tanpa harus benar-benar memiliki aset tersebut. Ini mencakup aset seperti emas, perak, mata uang fiat, dan bahkan aset crypto lainnya. Dengan demikian, pengguna dapat melakukan diversifikasi portofolio mereka dengan lebih mudah dan efisien.

Likuiditas Tinggi

Karena Synthetix menggunakan model jaminan berlebih, sistem ini dapat memastikan likuiditas tinggi untuk semua Synths yang diperdagangkan. Hal ini memungkinkan perdagangan yang cepat dan efisien tanpa mengalami selip harga yang signifikan.

Desentralisasi dan Transparansi

Synthetix adalah platform terdesentralisasi yang berarti semua transaksi terjadi di blockchain dan dapat diverifikasi oleh siapa saja. Ini memastikan transparansi yang tinggi dan mengurangi risiko manipulasi pasar atau penyalahgunaan oleh pihak ketiga.

Risiko dan Tantangan

Meski menawarkan banyak keuntungan, Synthetix juga menghadapi beberapa risiko dan tantangan yang perlu dipertimbangkan oleh pengguna.

Volatilitas Harga SNX

Synthetix bergantung pada harga SNX sebagai jaminan utama. Jika harga SNX mengalami volatilitas yang signifikan, ini dapat mempengaruhi stabilitas sistem. Pengguna harus siap untuk menambah jaminan mereka jika harga SNX turun drastis.

Kompleksitas Teknologi

Synthetix menggunakan teknologi blockchain yang kompleks dan belum tentu mudah dipahami oleh semua orang. Pengguna harus memiliki pemahaman yang baik tentang cara kerja platform dan risiko yang terlibat sebelum mulai berpartisipasi.

Regulasi

Seperti semua platform DeFi, Synthetix juga beroperasi dalam ruang yang belum sepenuhnya diatur. Ini berarti ada ketidakpastian hukum yang dapat mempengaruhi operasional dan kelangsungan platform di masa depan.

Kesimpulan

Synthetix adalah platform revolusioner yang menawarkan cara baru untuk mengakses dan memperdagangkan berbagai aset di blockchain. Dengan model jaminan berlebih dan desentralisasi, Synthetix memberikan likuiditas tinggi, transparansi, dan akses ke berbagai aset. Namun, seperti halnya teknologi baru lainnya, pengguna harus memahami risiko yang terlibat dan memiliki pemahaman yang baik tentang cara kerja sistem sebelum berpartisipasi. Dengan pengetahuan yang tepat, Synthetix dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam diversifikasi portofolio dan perdagangan aset digital.

Sumber:

Akademicrypto