Cara Mengatasi Beban Kerja Yang Berat Agar Terasa Ringan

Cara Mengatasi Beban Kerja Yang Berat Agar Terasa Ringan

Redg –¬†Saat bekerja di bawah arahan orang lain, beban kerja harus selalu ada. Memang, muatannya bisa berlipat ganda dalam situasi tertentu. Misalnya, ketika sebuah perusahaan ingin melakukan ekspansi atau membuka cabang di luar negeri.

Seberat apapun beban kerja Anda saat ini, bersyukurlah karena Anda masih memiliki pekerjaan. Lagi pula, Anda bisa mengalahkan beban kerja dengan tips berikut. Lanjutkan! Cobalah!

1. Prioritaskan pekerjaan

Sama seperti ketika Anda membuat anggaran, di tempat kerja Anda perlu menetapkan skala prioritas. Pekerjaan mana yang memiliki tenggat waktu tercepat adalah apa yang harus diselesaikan terlebih dahulu dengan tidak ada niat untuk mengabaikan pekerjaan lain.

Pekerjaan dengan tenggat waktu yang lama dapat diselesaikan terlebih dahulu sehingga Anda dapat fokus untuk menyelesaikan hal-hal yang paling penting. Setelah selesai, lanjutkan ke pekerjaan lain.

Cara ini dapat mengurangi beban kerja Anda secara otomatis. Anda tidak perlu melakukan banyak tugas jika tidak bisa. Bukannya ingin tugas itu selesai dengan cepat, ia justru mengabaikannya.

2. Tenang selama bekerja

Apakah Anda memiliki tugas yang mendekati tenggat waktu tetapi masih memiliki sedikit kemajuan? Menekan rasa panik yang muncul dalam diri Anda karena panik justru membuat Anda kehabisan tenaga dan bingung harus mulai dari mana.

Hadapi tugas-tugas ini dengan tenang, sehingga Anda dapat merencanakan strategi terbaik untuk menyelesaikannya satu per satu. Beban kerja meningkat secara otomatis, tetapi ketika pekerjaan mendekati tenggat waktu, itu tidak selesai.

Setelah itu, Anda pasti bisa bersantai kembali. Santai dalam arti positif tentunya bukan berarti Anda tidak bekerja seharian.

3. Bangun dari kursi kerja Anda

Duduk di kursi sepanjang hari menatap layar komputer tidak cukup efisien untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda benar-benar merasa beban kerja Anda tidak ada habisnya, sehingga motivasi Anda untuk bekerja perlahan berkurang.

Terkadang perlu untuk bangun dari kursi kerja saat beban kerja meningkat untuk menghilangkan rasa lelah. Anda dapat pergi ke kafetaria, pantry, atau berjalan-jalan di sekitar bisnis untuk mencoba dan mengambil camilan cepat.

Setelah lelah hilang, Anda bisa kembali bekerja. Percayalah, pekerjaan harus jauh lebih fokus karena sebagian beban yang terasa di awal sudah berkurang.

4. Pertahankan sikap profesional

Jika Anda selalu menganggap diri Anda sebagai “kuli” atau “robot” bisnis, coba ubah pola pikir Anda. Ingatlah bahwa Anda adalah aset perusahaan yang harus dilindungi. Ibarat sebuah bangunan, jika fondasinya tidak cukup kuat, maka ada risiko bangunan tersebut akan runtuh.

Hal yang sama berlaku untuk sebuah bisnis. Tanpa Anda, operasi bisnis akan sedikit terganggu. Sikap profesional seperti ini harus dijaga selama bekerja.

Semakin tinggi premi, semakin banyak manfaat yang akan Anda terima. Mungkin tidak sekarang, tapi di masa depan. Tidak ada yang pernah tahu, bukan?

5. Minta bantuan orang lain

Beban kerja yang telah ditanggung sejauh ini mungkin merupakan beban kerja tim, tetapi Anda terlalu pandai untuk menyelesaikannya sendiri. Khusus untuk kerja tim, Anda perlu bekerja dengan tim dengan beban yang merata.

Buatlah to-do list kemudian bagikan dengan jumlah anggota tim berdasarkan kemampuan masing-masing. Fokus pada tugas individu. Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa didiskusikan dengan member lain.

Masalah yang dihadapi seseorang adalah masalah umum. Hasil yang diperoleh menjadi milik bersama karena proyek tim tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan anggota lainnya.

6. Singkirkan hal-hal yang dapat memperburuk masalah

Masalah bisa datang dari mana saja. Tidak hanya kertas-kertas yang menumpuk di meja, tapi juga gadget yang biasa Anda gunakan untuk bertukar atau mendapatkan informasi.

Notifikasi atau pesan yang masuk tidak selalu positif. Terkadang berisi informasi yang dapat menyebabkan masalah bagi Anda untuk merasa lebih tertekan di tempat kerja.

Akibatnya, konsentrasi pekerjaan menjadi kurang penting dan pekerjaan tidak pernah berakhir. Cobalah untuk menyingkirkan perangkat untuk sementara waktu. Nanti saat jam istirahat tiba, kamu bisa mengecek notifikasi yang masuk.

Sumber:

Blitarkota

gaji janji jiwa